Go to Top

Mata Uang di Batam

Read our English version here: Currency in Batam.

Seperti yang kita ketahui, pulau Batam merupakan bagian dari Indonesia dan memiliki gubernur seorang putra daerah. Tapi, apabila menyangkut masalah mata uang, Batam punya situasi yang unik. Dolar Singapura merupakan mata uang yang biasa dipakai di kota Batam, hampir sama dengan penggunaan Rupiah di pemakaian sehari-hari. Banyak pebisnis di pulau Batam menggunakan Dolar Singapura dalam setiap transaksi yang dilakukan. Bahkan, untuk pembelian ruko atau mesin industri, mereka cenderung memilih untuk menggunakan Dolar Singapura daripada Rupiah!

Banyak orang selain orang Batam merasa aneh dengan fenomena ini. Tapi mereka menggunakan Dolar Singapura bukan tanpa alasan lho. Alasan pertama, Dolar Singapura lebih stabil daripada Rupiah. Dari tahun 2010 hingga sekarang, BD memperhatikan bahwa harga makanan di Singapura relatif tetap. Apabila dibandingkan dengan harga dalam Rupiah, harga makanan pada tahun 2010 jauh lebih murah daripada harga tahun 2013. Alasan kedua, angka pada Dolar Singapura lebih simpel dan mudah ditulis daripada Rupiah. Angka S$1 akan lebih mudah ditulis daripada IDR7.900. Alasan ketiga, dan mungkin merupakan alasan utama, karena banyaknya ekspatriat di Batam. Sebagian besar dari ekspatriat tersebut berasal dari Singapura dan mereka akan merasa nyaman apabila bertransaksi menggunakan mata uang mereka sendiri.

Ini adalah situasi yang sangat unik di Batam, tetapi di lain sisi menjadi suatu kesempatan untuk dapat bertransaksi dengan calon customer yang lebih banyak. Dengan menggunakan mata uang Dolar Singapura, pebisnis di Batam bisa melakukan transaksi dengan orang lokal Batam maupun orang Singapura pada umumnya.

Leave a Reply