Go to Top

Rawon Setan – Jodoh

Good evening guys,

Hari Minggu kemarin BD jalan-jalan di daerah Jodoh, dan kelihatan ada satu warung di ruko yang lumayan besar. Nama warungnya terlihat jelas, “Rawon Setan.” BD berpikir, wah sudah sering denger nih, penasaran juga, disebut setan kenapa ya, mungkin karena dagingnya super pedas, apabila dicampur dengan kuah rawon yang agak manis, mestinya mantap.

Dengan semangat membara, BD akhirnya mampir ke Rawon Setan hari ini untuk makan siang, tepatnya pukul 13.00 PM tadi. Berikut tampak depan dari Rawon Setan.

Rawon Setan tampak depan

 

Sampai di tempat, makanan yang kita pesan, sudah pasti, rawon satu mangkuk, ditambah satu piring nasi, telur asin satu butir, dan satu gelas teh obeng. Suasana warungnya tampak sepi, mungkin efek dari puasa dan juga sudah lewat jam makan siang, yaitu sekitar pukul 13.15 PM. Di dinding dekat tempat makan banyak terpasang foto-foto artis lokal Indonesia. BD terus terang sering mendengar nama Rawon Setan, tetapi tidak pernah mencoba untuk makan hingga saat ini.

Makanan tiba dengan cukup cepat. Berikut penampakannya:

Rawon

 

Kecambah dan Telur Asin

 

Pertama kali BD melihat, kok dagingnya sedikit ya…..  Seperti yang telah dikatakan di atas, BD berharap rawon ini memiliki rasa pedas yang cukup menggambarkan kekejaman setan, dan setelah mencicipi, BD super kecewa. Rawonnya ternyata tidak pedas sama sekali, dengan rasa rawonnya yang relatif standar, tidak memiliki keistimewaan apa-apa. Karena penasaran, maka BD mulai googling, dan ternyata disebut rawon setan bukan karena rasanya yang pedas, tetapi dari sejarah rawon itu sendiri. Rawon ini pertama kali hanya buka malam-malam, setelah pukul 22.00 PM. Karena buka malam-malam, maka agar namanya menjadi unik, dipilihlah kata setan, karena setan kan memang keluar malam-malam….

Karena kecewa dengan rasanya yang standar, maka BD memilih untuk menghabiskan makanan ini dengan cepat. Pada saat dilakukan pembayaran, BD tercengang dengan harganya. Total yang harus dibayar adalah Rp40.000, dengan rincian sebagai berikut:

Rawon Setan Rp25.000
Nasi Putih Rp5.000
Telur Asin Rp5.000
Teh Obeng Rp5.000

Menurut BD, harga dengan makanan yang ditawarkan sangat tidak sesuai. Daging yang sedikit dan rasa yang standar, kurang pantas untuk dihargai sebesar Rp25.000. Rekomendasi? BD tidak merekomendasikan apa-apa. Setelah dilakukan riset kecil, ada yang menyatakan bahwa nasi campur di sini lumayan enak, tetapi tetap saja, karena sudah kecewa dengan rasa dan harga, BD mungkin tidak akan kembali lagi ke sini. Apabila pembaca bertanya-tanya, makan siang di mana ya enaknya, BD kurang menyarankan untuk mendatangi warung ini, tetapi kembali lagi, semua terserah pembaca. 🙂

Berikut Google Map untuk menuju ke Rawon Setan.


View Larger Map

Semoga cerita dari BD bisa menambah informasi ke pembaca sekalian. As always, have fun and keep healthy!

-Batam Dine-

Leave a Reply