Go to Top

Warung Podomoro

Hello Guys..

 

Gimana nih dengan weekend kalian? Puas menikmati weekend kalian kemarin? Pastinya ga pernah puas ya kalo masalah weekend. Hehe.. Nah, kembali lagi, kalau bicara kuliner Batam, emang ga ada abisnya yah. Beberapa waktu lalu BD dapat satu rekomendasi tempat makan kaki lima dari teman BD. Waktu searching google mengenai tempat ini, ternyata tempat ini memang sangat populer dan digemari banyak orang. Ya, namanya Warung Podomoro. Udah pada mampir kesini? Buat BD, Sabtu kemarin merupakan kali pertamanya BD nyobain tempat ini. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena sudah banyak yang check in tempat ini di foursquare, thank you guys! 😀 Tepatnya berada di seberang Vanhollano Bakery Nagoya.

Tampak Depan Warung Podomoro

Suasana depan Warung Podomoro ini memang rame banget karena bukan hanya kendaraan yang parkir di sepanjang jalan, melainkan meja makan para pedagang kaki lima juga sampai berjejer di pinggir jalan, salut deh. Beruntung, BD bisa dapat satu meja kosong dari kerumunan para pelanggan yang sudah datang duluan. Eits jangan salah, waktu menunjukkan pukul 9 malam loh dan suasana masih rame banget, mungkin efek dari malam minggu kali ya.. malam minggu malam yang panjang malam yang asik buat pacaran… hahaha…

Dari referensi yang BD dapat, tampaknya sambal idjo emang ga boleh dilewatin dari warung ini. So, pikir apa lagi? Langsung pesen 2 porsi Ayam Sambal Idjo (baca: paha) sama 3T Sambal Merah. 3T merupakan rekomendasi Batam Diners yang BD baca di foursquare loh.

Setelah menyelesaikan pesanan, BD intip-intip dapurnya Podomoro tapi ga bisa tahan lama disana karena aroma cabenya benar-benar menusuk ke hidung dan mata. Jadi salut dengan ketahanan para koki disana. Hehe.. For the sake of Batam Diners, BD sempatkan untuk mengambil foto bahan andalannya, yaitu ulekan cabe ijo!

Ulekan Sambal Idjo

Peribahasa when a picture can tell everything emang paling tepat untuk menggambarkan foto di atas. Awas ngiler ya! :p

 

Setelah mengambil beberapa foto, BD kembali ke meja untuk menunggu makanan. Menunggu memang hal yang paling membosankan kalau kita tidak ada bahan pengalihan. So, sebelum makan disana, pastikan gadget (HP, tab, dll) Batam Diners baterainya full, jadi ada hal lain yang bisa dilakukan selain ngobrol sama teman seperjuangan. Setelah menunggu sekitar 1.5 jam, akhirnyaa datang jugaaa…..

 

Ayam Sambal Idjo

Ayam Sambal Idjo

Yang paling dominan disini sudah jelas rasa sambal idjo-nya. Setelah ayam digoreng, ayam dimasak lagi dengan cabe ijo dan beberapa bahan lainnya. Karena itu, pedasnya benar-benar meresap sampai ke daging. Selain pedas, daging juga terasa wangi dan gurih. Asinnya juga pas. Overall, menu ini memang layak diacungi jempol untuk tingkat kepedasannya. Bagi pecinta makanan pedas, menu ini memang wajib kalian coba.

Oiya, jangan lupa singkirkan sendok garpu yang disediakan karena makan beginian paling mantap kalo pake tangan langsung. Ok!

 

Ayam Sambal Idjo (Cabe Pisah)

Ayam Sambal Idjo (Cabe Pisah)

Karena Ms. BD ga bisa makan terlalu pedas, BD request satu porsi Ayam Sambal Idjo dengan cabe terpisah. Hidangan datang dalam bentuk ayam goreng dengan sambal idjo dan sambal merah terpisah. Rasa ayamnya sih biasa aja. Memang yang paling ditonjolkan dari warung ini adalah rasa sambalnya. Tapi buat Batam Diners yang ga bisa atau ga doyan makanan yang terlalu pedas, boleh juga cobain menu ini sebagai alternatif.

 

3T (Telur, Tahu, Tempe)

3T Sambal Merah

Ini nih sajian 3T yang katanya salah satu menu andalan. Let’s try! Ternyata 3Tnya bukan hanya dilumeri dengan sambal merah, tapi dimasak barengan. Jadi, setelah telur, tahu, dan tempe digoreng, 3T dimasak lagi dengan sambal merah. Waktu disajikan, hidangan ini masih panas. Sumpee, rasanya enak banget banget banget! Sambal merahnya bikin ketagihan, manis-asin-pedasnya pas banget, dan benar-benar meresap ke 3Tnya. Hidangan ini BD kasih two thumbs up! Ga salah deh ngikutin rekomendasi Batam Diners di foursquare. Hehe..

 

Untuk minuman, rasanya udah wajib pesen sesuatu yang manis dan dingin ya. So,, 2 gelas Es Jeruk Manis menemani santap malam BD kali ini. Rasanya standar lah seperti es jeruk manis pada umumnya.

 

Price list dan recommended menu bisa dibaca di tabel berikut

Ayam Sambal Idjo Rp13.000 Recommended
3T Sambal Merah Rp6.000 MUST TRY
Es Jeruk Manis Rp5.000
Nasi Putih Rp3.000

 

Untuk lokasi persisnya, Batam Diners bisa lihat di Google Map berikut biar ga kesasar

View Larger Map

 

BD sempat menanyakan apakah bisa pesan via sms atau telepon dulu sebelum makan disini seperti yang disarankan Batam Diners di foursquare. Ternyata, advance order sekarang udah ga bisa lagi, sejak 3 tahun yang lalu. Alasannya yang jualan ga enak sama pelanggan yang langsung datang dan menunggu lebih lama. Well, sayang banget, kita memang ga ada pilihan lain selain sabar menanti makanan yang kita pesan.

Secara overall, recommended ga ya? Hmm.. Jawabannya agak sulit untuk dijelaskan karena besoknya (hari Minggu) BD balik lagi ke tempat ini (baca: ketagihan) untuk makan malam. Meskipun tau bakal nunggu 2 jam lagi, mentalnya udah disiapin. Haha..

Nah, untuk review kedua, Batam Diners bisa baca disini.

 

BD rasa udah banyak Batam Diners yang nyobain tempat ini ya.. Untuk itu, share dong menu favorit kamu di kolom comment bawah..

Ok guys, see you soon! 🙂

Batam Dine

Comments (3)

  • puput December 10, 2014 - 4:29 pm Reply

    Ngiler tiap ngestalk nih web…bagi info ttg resto korea dibatam jg donk..tp klo bsa yg halal yah hhi

    • Batam Dine December 12, 2014 - 2:33 pm Reply

      Hi Puput,

      Untuk restoran Korea di Batam yang halal mungkin bisa coba Seoul Garden ya. Ini link review Batam Dine sebelumnya http://bit.ly/1iQQms9.

      Good luck! ^^
      -Ms. BD-

  • supardi November 13, 2015 - 9:58 pm Reply

    eco sanget bro nek mulih nang tegal gawakke sesok tak parani

Leave a Reply