Go to Top

Pempek 158

Helloww guys..

 

“Pempek lenjer oy pempek lenjerr.. siapo nyingok pastilah ngilerr..” Itulah penggalan lagu Pempek Lenjer dari kota Palembang. Saking cinta dan bangganya orang Palembang dengan makanan khas mereka, dibuatlah lagu daerah ini khusus untuk menceritakan betapa enaknya makanan khas mereka, yaitu Pempek! Karena Ms. BD aslinya orang Palembang, makanya hapal banget sama lagu satu ini. Haha.. Bagi orang Palembang, pempek atau empek-empek sudah seperti makanan pokok mereka. Mau pagi, siang, sore, malam, tengah malam, pempek bisa saja dinikmati di segala suasana dengan kuah cuko/cuka yang pedas. Buat Batam Diners yang sudah pernah ke Palembang, pasti tau kalau pempek sangat mudah ditemukan di kota Jembatan Ampera ini, bahkan setiap 500meter mungkin ada yang jual.

Buat orang Palembang yang akhirnya berlabuh sampai ke Batam, pastinya kangen banget sama makanan yang satu ini. Sebenarnya di Batam tidak terlalu sulit untuk mencari pempek, karena di beberapa mall sudah ada Pempek Citra. Tapi, yang paling enak dimana??? Itulah pertanyaan yang wajib BD jawab! Kali ini, BD punya satu tempat nongkrong pempek yang menjadi favorit BD, yaitu Pempek 158. Toko pempek ini berlokasi di seberang Kawasan Industri Citra Buana 3 Batam Center, tepatnya di Ruko Puri Legenda Blok D3 No.6. Meski berada di area ruko, tempat parkirnya cukup luas dan mudah. Restoran ini sudah beroperasi lebih dari 6 tahun, tepatnya sejak 15 Agustus 2007. Inilah yang menjadi sejarah nama toko Pempek 158. 🙂 Spanduk Pempek 158 tertempel di bagian depan ruko, namun tidak terlalu kontras kalau dilihat dari jauh.

Toko Pempek 158

 

Dari segi kebersihan restoran, BD kasih two thumbs up sejak dulu. Gerobaknya selalu tertutup gordyn dan tidak ada lalat. Meja makan dan lantainya pun bersih banget. Kayak dipel setiap jam. Haha.. BD juga pernah intip dapur dan toiletnya. Toilet dan dapurnya luar biasa bersih. Mungkin karena si penjual tinggal di ruko ini juga, makanya kebersihan restoran pun terjaga dengan baik.

Sekarang, saatnya mereview makanan yang mereka jual. Menu yang BD pesan kali ini adalah Pempek Campur, Tekwan, dan Es Jeruk. Now, let’s see it one by one!

Pempek Campur

Pempek Campur

Kalau ke warung pempek ga nyobain pempeknya, emang pasti ada yang kurang deh rasanya. Disini kita bisa memilih pempek mana saja yang mau kita coba, tidak harus 1 porsi pempek campur yang isinya komplit. Misalnya, Batam Diners doyannya cuma pempek kulit, bisa kog ordernya hanya itu saja, nanti harganya dihitung satuan.

Untuk 1 porsi pempek campur, isinya ada pempek kapal selam, pempek lenjer kecil, pempek telor kecil, pempek adaan/bulat, dan pempek kulit masing-masing 1 pc. Mereka menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama. Konon katanya ikan tenggirinya didatangkan langsung dari Palembang, wow! Dari segi rasa, adonan pempeknya pas banget. Pempeknya digoreng dengan sempurna, warnanya bagus dan kulitnya garing! BD paling doyan sih pempek lenjer dan pempek kulit. Paling nampolll rasanya! 😉

Untuk kuah cuka, ini nih yang bikin beda dengan warung pempek lainnya. Cukanya itu kental, pedas, dan wangi, top markotop deh. Kalau mau tau rasa cuka Palembang yang sebenarnya, cuma disini yang rasanya paling pas. Buat Batam Diners yang ga doyan cuka pedas, mereka juga menyediakan cuka manis, komposisinya hampir sama, hanya tidak ada cabai sama sekali. Kalau mau cuka kategori sedang, bisa dicampur antara cuka pedas dan cuka manisnya.

 

Tekwan

Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang juga terbuat dari ikan, umumnya ikan tenggiri. Bentuknya bulat-bulat seperti bakso dan ada kuahnya. Komposisi lainnya ada bengkoang, jamur kuping, udang, soun, daun seledri, timun, dan bawang goreng. Tekwannya kenyal dan enak. Kuahnya juga pas dan wangi karena menggunakan kuah udang. Paling cocok kalau hari hujan gini makan tekwan, segar dan maknyoss! BD juga terbiasa makan tekwan pakai nasi. Hehe..

 

Es Jeruk

Es Jeruk

Seperti tipikal orang Indonesia pada umumnya, kalau makan sesuatu yang pedas, BD pesan minuman yang dingin dan manis sebagai pendamping. Nah, es jeruk lah yang menjadi pilihan utama BD kalau tiap kali mampir kesini. Jeruknya berasa banget sih. Enak, banyak bulir jeruk, dan manisnya pas.

 

Berikut list harga dan rekomendasi menu ala BD

Pempek Campur RP28.000 WAJIB DICOBA!
Tekwan RP15.000 Direkomendasikan
Es Jeruk RP9.000 Direkomendasikan
Nasi Putih RP4.000

 

Sebenarnya restoran ini juga menyediakan makanan khas Palembang lainnya seperti Model, Lenggang, dan Rujak Mie. Berhubung BD ga mungkin makan sebanyak itu dalam sekali kunjungan, so, just stay tuned for our next review.. Okay! 😉

 

Alamat: Ruko Puri Legenda Blok D3 No. 6 Batam Center

Jam buka: Senin – Minggu (12.00 – 20.00)

Telp: 0778 809 6239

Google Map:

 

Menurut BD, Pempek 158 merupakan warung pempek paling enak di Batam. Anybody dare to challenge us?! If so, please write it down in the comment below. 😉

Penutup: “Pempek lenjer oy pempek lenjerr.. siapo nyingok pastilah ngilerr..” ~ find out at iTunes, haha..

Till next time, see you soon guys! :*

Batam Dine

Leave a Reply