Go to Top

Teh Obeng atau Es Teh Manis

Read our English version here: Teh Obeng for Sweet Ice Tea.

Halo guys, hayo ngaku, kita semua doyan es teh manis kan. 😀

Sweet ice tea

Yummy sweet ice tea!

Negara kita tercinta sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Teh merupakan salah satu kekayaan alam kita, yang bisa kita dapat dengan sangat murah. Teh tumbuh subur di daerah pegunungan kita. Teh kita pun terkenal dengan rasa dan aroma yang khas. Di Batam, teh pun merupakan minuman yang sangat digemari, baik oleh penduduk lokal maupun ekspatriat yang kebetulan sedang bekerja di Batam. Di daerah lain di Indonesia, kita biasa menyebut dengan kata es teh manis. Di Batam, panggilannya sangat unik! Di Batam, kita biasa memanggil es teh manis dengan sebutan teh obeng. Untuk turis mancanegara, mungkin panggilan ini bukan masalah berarti, tapi buat turis lokal, mungkin mereka bisa bingung.

Obeng

Obeng – Courtesy clker.com

Teh obeng? Obeng kan yang biasa dipakai untuk mengencangkan baut?? Kok namanya teh obeng? Memangnya teh di Batam dibuat dengan campuran baut? Atau teh di Batam diaduknya bukan pakai sendok, tapi pakai obeng? Waduh, kok aneh begini? Mungkin itu yang ada di pikiran kita semua waktu pertama kali menginjakkan kaki ke Batam. BD pun punya pengalaman lucu. Pernah suatu ketika BD mampir ke restoran, dan tampaknya yang punya bukan orang Batam. Pada saat BD sedang memilih makanan, ada pelanggan lain yang memesan teh obeng. Bapak penjaga restorannya kebingungan, lalu mencari obeng di kotak perkakas, lalu diberikan ke pelanggan tersebut. Orangnya sampai bengong. 😀 Ternyata bapak tersebut masih belum tahu bahwa teh obeng artinya es teh manis. Akhirnya kita semua tertawa sampai puas karena kejadian tersebut.

Selidik punya selidik, ternyata panggilan teh obeng ini ada sejarahnya lho. Sebagai pengetahuan umum, pulau Batam ditinggali oleh penduduk dari suku Melayu dan China. Suku China yang tinggal di Batam pun bervariasi, ada suku Hokkian, suku Theochew, atau bahkan orang China asli yang berbahasa mandarin. Karena penduduk Chinanya relatif banyak, maka penggunaan kata-kata China pun menjadi cukup biasa di sini, seperti toke (bos), cepek (seratus), dll. Nah, ternyata kata teh obeng itu asalnya dari kata China. Asal katanya adalah teh apeng, berasal dari dialek orang China. Teh berarti teh, peng berarti es. Untuk orang China, menyebut kata apeng merupakan hal biasa, tetapi untuk orang dengan ras yang lain, ternyata mereka cukup kesusahan, sehingga lama-lama katanya berubah menjadi openg. Setelah beberapa lama, ternyata ada perubahan pengucapan lagi, sehingga kata openg sedikit demi sedikit berubah menjadi obeng.

Jadi begitu teman-teman, sejarah dari kata teh obeng yang legendaris tersebut. 🙂 Jadi untuk turis lokal, jangan kuatir untuk memesan teh obeng, karena teh nya dijamin enak, bukan teh yang diaduk pakai obeng, bukan juga teh yang diisi baut!

 

 

Leave a Reply