Buat para pecinta burger, mungkin kita pada bingung yah mau makan burger dimana? Burger yang lumayan oke menurut kita ada di Habit Coffee dengan cheese burgernya, lalu ada juga Monster Burger di Smoke BBQ yang super gede! Kita pernah denger juga di BCC juga ada Giant Burger yang katanya cukup buat kasih makan satu kampung. Oh well, semua punya kekuatan dan kelemahan masing-masing pastinya yah!

Kita juga sering makan burger di beberapa food-joint terkenal seperti Food Colony, Burger King, McD, maupun AW. Harga mulai dari yang paling mahal sampai yang paling murah kita sudah pernah cobain. Terus, merek lokal yang kita bisa cobain apa dong? Yang dekat di mata, dekat di hati? Jawabannya mungkin ada di Burger Ramly guys!

Posisi Burger Ramly ini ada di satu tempat utama dan tiga cabang yang tersebar di Batam Centre dan Nagoya. Pusatnya ada di Ruko Mini Cahaya Garden, lalu ada cabang juga di Boxhill Cafe, dekat pintu masuk Nagoya Hill dari arah Lucky Plaza, Taman Raya Square, dan Pasar Botania. Jadi buat temen-temen yang lokasinya sekitaran situ, boleh tuh mampir kapan-kapan. Tapi sebelum mampir, kita lihat dulu reviewnya.

Gerobak Burger Ramly

Gerobak Burger Ramly

 

Kemaren kita mampir di pusatnya, soalnya pas kebetulan abis dari customer Mr. BD, jadi sekalian jalan-jalan sore daerah Bengkong. Penampakan Burger Ramly dari depan seperti di gambar di atas. Keliatan simple ya guys, tapi ternyata di belakang gerobak itu ada mini cafe lho, jadi temen-temen bisa makan burgernya di tempat sambil pesen minum atau ngobrol-ngobrol sama temen kalian. Nongkrong sore gitu deh, hehe. Nah, setelah lihat-lihat menu, kita tentunya mau cobain yang BEEF BURGER, dan ada satu daging yang bikin kita semua bertanya-tanya, yaitu daging BURUNG ONTA, atau bahasa kerennya OSTRICH BURGER. Sambil nungguin burgernya jadi kita langsung liat-liat lho kandungan nutrisi dari daging burung onta ini, dan surprisingly, dagingnya lebih banyak nutrisinya dibanding daging sapi. Seperti yang kita kutip dari sini:

I cooked up ostrich filet. Very low in fat, very high in iron and other essential minerals and vitamins. It is sort of a Super Food.

The meat of the ostrich is red, a deep dark red. That’s because of the high iron content. It is also lean. No fat at all, also no marbling.  Therefore there is no shrinkage because there is no fat to burn off. A 4 oz. filet stays 4 onces cooked.

Jadi mantap nih mau cobain dagingnya, hehe. Yuk kita intip sekarang bentuknya!

BURGER SAPI DOUBLE + TELUR + KEJU

Burger Sapi Double + Telur + Keju

Burger Sapi Double + Telur + Keju – Rp25.000

 

Mantap abis, juragan! Dagingnya lembut banget, dan rasanya super maknyus. Porsinya gede banget lho, Mr. BD kekenyangan abis makan burger satu ini sendirian. Jadi buat kalian yang porsi makannya ga segede Mr. BD, bisa nih bagi dua sama pasangannya (kecuali yang forever alone ya, I feel you man, I feel you…) Yang bikin beda dari Burger Ramly ini adalah sausnya! Biasa kalo kita makan burger di luar, biasanya rasanya apa? Saus dan mayonnaise yah? Di sini beda, mereka pake saus khas, rasanya mirip seperti black pepper sauce, manis dan sedikit pedas, tapi dikit banget sih pedesnya, kalo kalian doyan pedes boleh banget lho request sama mereka buat dibikinin yang pedes!

Burger ini, ga bisa digigit dari atas sampe bawah buat yang punya mulut kecil. Untung mulutnya Mr. BD kaya gua, jadi masih bisa masuk tuh burger dari atas sampe bawah, tapi tetep aja, bakal belepotan abis! Jadi kalo temen-temen mau makan ini, boleh tuh makan pelan-pelan dari atas, misalnya roti sama sayurnya, baru ntar daging dan seterusnya sampe roti bawah dimakan terpisah. Terserah kalian sih ya, hehehe…

 

BURGER BURUNG UNTA DOUBLE + TELUR + KEJU

Burger Burung Unta Double + Telur + Keju

Burger Burung Unta Double + Telur + Keju – Rp30.000

 

ENG ING ENG, jagoannya tiba! Burger unik nan bikin penasaran ini akhirnya nongol di depan mata kita. Dari penampakan, sepertinya tidak ada beda yah. Buat pengetahuan, burung unta ini ngga satu kelas dengan unggas lho! Mereka bukan kelas unggas, tapi lebih ke sodara super jaohnya sapi! Nama latinnya adalah Camelius Strutious. Kata pertama artinya unta, makanya di tempat kita disebutnya burung UNTA, hehe. Dagingnya pun bukan daging putih seperti ayam, bebek, atau unggas lainnya. Dagingnya merah seperti daging rusa dan strukturnya mirip seperti sapi. Enough man, kita mau tau rasanya neeeh!

Oke oke, ga sabaran banget sih. Okeh, dari sisi rasa, memang rasa dan tingkat kelembutannya persis banget kaya sapi. Dagingnya sedikit lebih terang dari daging sapi, dan gampang banget buat dikunyah! Dilihat sekilas dari struktur daging, dagingnya dimasak di level MEDIUM RARE, dan semua sumber mengatakan bahwa daging burung unta ini paling jos gandos emang harus dimasak medium rare. Jadi buat kalian yang doyan steak medium rare, boleh banget cobain daging satu ini, their level of juiciness is about the same! Kesimpulan dari review daging ini, temen-temen ga usah takut buat cobain daging satu ini, karena rasanya mirip dengan rasa daging sapi! Menurut kita pribadi, burger sapi masih sedikit menang dibanding burger burung unta, tapi kalian harus cobain at least sekali, soalnya tiap orang kan punya taste palate yang berbeda-beda!

Harga dan Rekomendasi Menu

Burger Sapi Double + Telur + Keju Rp25.000 WAJIB DICOBA
Burger Burung Unta Double + Telur + Keju Rp30.000 Direkomendasikan

Burger Ramly

Ruko Mini Cahaya Garden B3/26, Bengkong Kolam
Boxhill Cafe House, Nagoya Hill Mall Pintu Lucky Plaza
Taman Raya Square (TARAS) persis di bawah tulisan TARAS
Pasar Botania, Kompleks Ruko Belakang KFC

Senin – Minggu: 13.00 -23.00
Kategori: Halal
Pesan antar: 081245000145

Google Map:

Sudah pernah cobain burger Ramly ini guys? Yuk share sama kita di kolom komen di bawah!

Ikuti terus petualangan kuliner BD dengan follow sosial media berikut ya guys! Dapatkan juga voucher makan/minum gratis dengan ikutan GIVEAWAY BATAM DINE setiap hari Jumat.

http://instagram.com/BatamDine

http://facebook.com/BatamDine

http://twitter.com/BatamDine

Till next time, stay healthy and see ya!

Batam Dine